Senin, 26 Maret 2012

MENGENAL IT & KOMPUTER


MENGENAL IT & KOMPUTER

1.1           Sekilas Tentang Teknologi Informasi
Manusia mulai mencari dan menciptakan sistem serta alat untuk berkomunikasi dengan manusia yang lain, dari mulai melukis, menggambar di dinding gua, isyarat tanggan, isyarat asap, isyarat bunyi, menggambar kata-kata sehingga menjadi susunan kalimat sampai menciptakan telepon hingga teknologi internet.
Alat dan sistem komunikasi yang di ciptakan oleh manusia tersebut kemudian dikenal dengan nama Teknologi Informasi yang lebih dikenal dengan singkatan IT (dibaca ai-ti), singkatan dari Information Technology.
1.2           Sejarah Teknologi Informasi
Sejarah IT terbagi dalam beberapa masa sejak zaman prasejarah hingga jaman modern sekarang ini.
1.2.1 Masa Prasejarah (... s/d 3000 SM)
Pada awalnya Teknologi informasi yang dikembbangkan manusia berfungsi sebagai sistem untuk mengenal bentuk-bentuk yang ada di sekitar, mereka menggambarkan informasi pada dindingg-dinding gua, tentang cara berburu dan binattang buruannya.
Diciptakan dan digunakan alat-alat yang dapat menghasilkan bunyi dan isyarat
1.2.2 MASA SEJARAH (3000 SM s/d 1400an M)
Waktu itu IT hanya di gunakan oleh kalangan terbatas, pada saat-saat khusus dan mahal.
3000 SM
Pertama kali tulisan digunakan oleh bangsa Sumeria dengan menggunakan simbol-simbol dari piktograf sebagai huruf dan juga memiliki bentuk bunyi yang berbeda (penyebutan) sehingga mampu menjadi kata, kalimat dan bahasa.
2900 SM
Penggunaan huruf hieroglif pada banggsa mesir kuno yang merupakan bahasa simbol dimana setiap uungkapan diwakili oleh simbol yang berbeda. Bentuk tulisan dan bahasa hieroglif lebih maju dibanding tulisan bangsa sumeria.
500 SM
Serat Papirus digunakan sebagai kertas untuk menulis. Kertas ini terbuat dari serat pohon

105 M
Kertas yang ditemukan oleh bangsa Cina yang dibuat dari serat bambu yang dihaluskan, disaring, dicuci, dan diratakan lalu dikeringkan pada masa ini adalah kertas yang kita kenal.
1.2.3 Masa Modern(1400-an M s/d Sekarang)
Tahun 1455
Mesin cetak yang menggunakan plat huruf yang terbuat dari besi yang bisa diganti-ganti dalam bingkai yang terbuat dari kayu dikembangkan untuk pertama kalinya oleh Johanes Gutenberg.
Tahun 1830
Augusta Lady Byron menulis program komputer yang pertama di dunia dengan bekerja sama dengan Charles Babbage menggunakan mesin analytical yang didesain untuk mampu memasukan data , mengolah data dan menghasilkan bentuk keluaran dalam sebuah kartu yang juga dikenal sebagai bentuk  komputer digital yang pertama 
Tahun 1837
Samuel morse mengembangkan telegraf dan bahasa kode Morse bersama Sir William Cook dan Sir Charles Wheatstone. Penemuan  ini memungkinkan teknologi informasi dipergunakan secara luas oleh masyarakat tanpa dibatasi oleh jarak dan waktu.
Tahun 1861
Gambar bergerak yang diproyekssikan edalm sebuah layar pertamakali digunakan(cikal bakal film sekarang).
Tahun 1876
Melvyl Dewey mengembangkan sistem penulisan desimal.
Tahun 1877
a.       Aleander Graham Bell menciptakan dan mengembangkan telepon yang dipergunakan pertama kali secara umum.
b.      Fotografi dengan kecepatan tinggi ditemukan oleh Edward Maybridge.
Tahun 1899
Sistem Penyimpanan dalam pita magnetis yang pertama.
Tahun 1932
Zvorkyn menciptakan tabung TV yang pertama.
Tahun 1940
 Pada masa Perang Dunia II yang dipergunakan untuk kepentingan pengiriman dan penerimaan dokumen-dokumen militer yang disimpan dalam bentuk Magnnetic tape
Tahun 1945
Vannevar Bush mengembangkan sistem pengkodean menggunakan hiperteks.
Tahun 1948
Para peneliti di Bell Telephone mengembangkan transistor.
Tahun1957
a.       Jeqn Hoerni mengembangkan transistor planar yang memungkinkan pengembangan jutaan bahkan milyaran transistor yang dimasukan ke dalam sebuah keping kecil kristal silikon.
b.      USSR(Rusia pada saat itu) meluncurkan sputnik sebagai satelit bumi pertama yang bertugas sebagai mata-mata.Sebagai balasanya AS membentuk ARPA(Advance Research Projects Agency) yang bertugas mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi dalam bidang militer
Tahun 1962
Rand Paul Barand, ditugaskan untuk mengembangkan sistem jaringan terdesentralisasi yang mampu mengendalikan sistem pemboman dan peluncuran peluru kendali dalam perang nuklir.
Tahun 1969
Sistem jaringan pertama dibentuk dengan menghubungkan 4 node (titik) antara University of California,SRI (Standford), University California of Sanata Barbara, dan University of Utah dengan kekuatan 50 kbps
Tahun 1972
Ray Tomlinson menciptakan perrogram e-mail yang pertama.
Tahun 1973-1990
Istilah INTERNET diperkenalkan dalam sebuah paper mengenai TCP/IP yang kemudian diikuti dengan pengembangan protokol jaringan yang kemudian dikenal dengan nama TCP/IP oleh grup dari DARPA.
Tahun 1991-1995
Sistem bisnis dalam bidang IT pertama kali terjadi ketika CERN memungut bayaran dari para anggotanya untuk menanggulangi biaya operasionalnya.

Tahun 1992
Pembentukan komunitas internet. CERN memperkenalkan istilah WWW (World Wide Web).komputer-komputer yang telah terkoneksi dalam jaringan internet sudah mencapai 1 juta. Penyebaran informasi mulai melibatkan warga sipil.
Tahun 1993
NSF membenuk InterNIC
Tahun 1994
Perusahaan-perusahaan besar mulai memanfaatkan media web sebagai iklan produk dan jasa mereka.Tumbuhnya perusahaan online, misal Yahoo!
Tahun 1995
Dimulainya pengembangan informasi, khususnya internet. Microsoft meluncurkan Windows 95 OS 32-bit.
Tahun 1996-2005
Penemuan-penemuan Hardware maupun software sangat luar biasa yang mempengaruhi pasar penjualan komputer PC maupun server.Perusahaan besar pembuat prosesor dan software  berlomba-lomba mengeluarkan produk yang lebih baik setiap tahun. Perusahaan besar maupun kecil mulai memanfaatkan web(internet) sebagai media promosi.warga dunia memasuki dunia informasi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : MENGENAL IT & KOMPUTER

2 komentar: